Senin, 14 September 2009

Jeju Island, cermin pulau-pulau Indonesia akan datang?


by : Gede Widia Pratama Adhyaksa

Semangat Asia Timur luar biasa !
tak henti-hentinya saya mengagumi negara-negara di Asia Timur, mengapa?
orang umum mungkin mengenal mereka sebagai kumpulan manusia dengan semangat pantang menyerah yang luar biasa, dan itu memang betul. Namun ada yang lebih penting lagi ternyata.

Saya tempo hari berada di Seoul, Korea untuk mengikuti 'camp' bersama teman-teman penerima beasiswa KT&G dari seluruh dunia. Salah satu pelajaran berharga yang saya dapat adalah arti sukses bagi orang Korea. Bagi mereka sukses haruslah 'real' bukan 'abstrak'. Cita-cita itu musti ada hasil nyatanya, harus berbentuk, dan dapat dilihat, bukan mengawang-awang atau sebuah retorika saja, seperti apa yang saya kenal pada sebagian orang (termasuk saya tentunya).

Dan memang betul, Korea begitu pandai dalam merealisasikan ide-idenya (tak peduli itu sebuah inovasi atau ide asli yang penting harus berbentuk/'real'). Dalam bidang teknologi, mereka cukup pandai dalam memotong ilmu-ilmu dasar (Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika) untuk bisa diterapkan aplikasinya, kemudian dibuat 'prototipe'. Kemudian dari 'prototipe' segera di-'transformasi'-kan untuk fasilitas umum atau sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. NYATA & CEPAT !

Jeju Island, mungkin dikenal sebagai pulau eksotis, salah satu tujuan wisata terbaik di Korea. Karena penataan alamnya yang rapih, unsur sosial-kebudayaan yang begitu ditonjolkan, dan sisi perekonomian yang menjanjikan (Pertumbuhan 10% sepanjang 2005, dan diproyeksikan meningkat menjadi US$1.1 bilion). Selain itu Jeju Island sering diadakan pertemuan, kejuaraan, dan event-event tingkat dunia lainnya. Pulau ini terus berbenah setiap tahunnya melalu berbagai program progresif dari pemerintah, dan perkembangannya sungguh menjanjikan.


Salah satu yang terbaru dari Jeju Island adalah, rencana pembangunan pulau berbasis 'green energy'. Korea telah menganggarkan lebih dari US$ 16 Bilion untuk proyek ini dan akan selesai tahun 2013, sungguh CEPAT ! Nantinya pulau ini akan dilengkapi dengan berbagai infrastruktur ramah lingkungan. 'Smart grid' sebagai sistem pendistribusian energi listrik berbasis sistem IT yang luar biasa sudah diujicobakan pada 12 desa kecil disana ('pilot community'), ini ditujukan untuk mendorong komersialisasi pasar lebih jauh. Direncanakan 6000 rumah akan memiliki 'smart digital sensor' untuk memantau dan mengatur dua jalur aliran energi dari 'power plant' ke 'plug', sehingga setiap rumah bisa mengoptimalkan pemakian energi listrik per-periodenya. 'Electricity charging station' sebagai pengganti pom bensin akan dibangun pada berbagai tempat seperti sekolah, apartemen, pabrik, dan tempat umum lainnya. 'wind power' dengan kapasitas total mencapai 2 Megawatt akan dibangun ditengah laut sekitar 'Jeju Island', nantinya 'wind power' ini akan diproyeksikan untuk mencukupi 80% dari total kebutuhan listrik seluruh pulau.
Proyek akan membuka pasar bisnis sekitar US$ 68 Bilion, 500.000 lapangan kerja, mengurangi 3% total konsumsi energi nasional tahun 2030.

Meskipun proyek ini terdengar biasa saja, sebab banyak negara yang sedang berlomba-lomba membangun proyek 'green energy', namun saya memandang pelajaran yang bisa diambil dari arti 'REAL' dan 'CEPAT' bagi Korea mungkin bisa direpresentasikan melalui proyek ini.

Sekilas saya langsung terbayang, bagimana seandainya jika ada 17.504 jeju-jeju kecil di Indonesia?!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar